Slide Ramuan Madura Asli

Air Pembersih Organ Intim (Cebok) & Mandi Rendaman Air Bunga

Posted 05.17 by Admin in Label:
Air Pembersih Organ Intim (Cebok)

Untuk cebok pun ada aturannya sendiri. Para wanita itu harus menggunakan air khusus yang dibuat secara khusus pula. Fungsi dari air godokan ini adalah agar organ intim bersih dan terasa peret. Bahan air cebok itu terdiri dari kunyit, temu lawak dan temu ireng. Tiga bahan ini direbus jadi satu dengan air ukuran sedang. Begitu mendidih, air campuran itu didinginkan hingga benar-benar dingin. Setelah itu, disaring dan dibuang ampasnya, baru kemudian disimpan.

Sehabis buang air kecil, air inilah yang dipakai untuk membasuh organ intim, bukan air biasa yang keluar dari PDAM ataupun air sumur. Ada kalanya air cebok ini dihangatkan pada musim penghujan. Air ramuan untuk cebok ini tidak hanya dipakai wanita pasca melahirkan. Remaja putri, wanita dewasa hingga nenek-nenek pun menggunakannya. Saat ini air untuk cebok bisa didapatkan dengan mudah di Madura. Ada yang dalam bentuk botolan ataupun sudah diekstrak dalam bentuk sabun. Yang terakhir inilah yang paling digemari wanita Madura. Selain praktis, bisa disimpan lama dan mudah dibawa kemana-mana.

Mandi Rendaman Air Bunga

Mandi rendaman air bunga, dulunya hanya dipakai oleh putri-putri keraton bangkalan, sumenep, pamekasan, dan sampan. Putri keraton rutin melakukan ritual mandi dengan bunga untuk menjaga kecantikan tubuhnya. Aromanya wangi, kulit bersih dan kuning cerah. Seiring dengan perkembangan zaman, tradisi ini mulai diikuti oleh kalangan luas hingga turun temurun sampai sekarang. Remaja putri, wanita dewasa maupun wanita tua kerap ikut melakukannya karena manfaatnya langsung terasa, kulit bersih keset dan bersinar. Tubuh pun mengeluarkan aroma wangi bebungaan yang digunakan untuk mandi.

Rahasia mandi inilah yang kemudian jadi rahasia umum di kalangan wanita Madura. Mandi khusus dengan campuran kembang ini sangat disukai. Selain bisa memanjakan tubuh, mandi berendam itu bisa dijadikan ajang relaksasi. Ramuan dan bunga yang dipakai terdiri dari bunga melati, kenanga, daun pandan wangi serta kulit jeruk purut. Campuran bunga itu kemudian diberi ramuan khusus yang disebut dengan timung Madura. Sebelum dipergunakan berendam, air campuran ini dibiarkan terlebih dahulu selama 2 hingga 3 jam. Biasanya air ini dipersiapkan terlebih dahulu, saat perempuan Madura tengah dilulur, saat melakukan ritual berendam, wanita Madura kerap berlama-lama dibak mandi. Inilah saat-saat dimana mereka bisa memanjakan tubuh setelah penat berkutat dengan segudang kegiatan.

0 comment(s) to... “Air Pembersih Organ Intim (Cebok) & Mandi Rendaman Air Bunga”

0 komentar:

Posting Komentar