Slide Ramuan Madura Asli

Jamu bersalin lengkap

Posted 05.40 by Admin in Label:
Tidak hanya perawatan dari luar dilakukan para wanita Madura pasca melahirkan. Perawatan dari dalam juga sangat diagungkan, mengingat peremajaan organ tubuh berawal dari dalam. Jamu bersalin lengkap menjadi santapan wajib yang tidak boleh ditinggalkan. Jamu ini tidak hanya diminum para wanita yang baru saja melahirkan, tapi juga oleh remaja putrid hingga nenek-nenek.

Bahan sari rapet terdiri atas: kunir, temu lawak, kunci pepet dan pinang. Bahan jamu diiris tipis-tipis kemudian dijemur, setelah kering digiling sampai halus. Hasil gilingan kemudian disangrai agar awet dan tidak mudah berjamur. Hasil sangraian dimasak diatas tungku dan diberi madu serta sedikit air hingga menyerupai bubur, setelah semua bahan menyatu dan bercampur hingga menyerupai dodol, kemudian diangkat dan didinginkan sampai benar-benar dingin.

Tahap terakhir adalah mencetak atau membuat bola-bola kecil yang dalam istilah jawa disebut di-glintiri. Ramuan ini diminum dengan campuran daun mimbo yang sangat pahit serta pentil bunga delima putih yang direbus jadi satu dengan air. Rasanya? Selain sepet, pahit dari daun mimbo terasa hingga di ubun-ubun.
Fungsi jamu sari rapet adalah agar organ kewanitaan bersih, tidak berlendir dan mengeluarkan bau amis atau anyir. Khusus untuk remaja putrid, jamu sari rapet wajib diminum setelah mereka akhil baliq

0 comment(s) to... “Jamu bersalin lengkap”

0 komentar:

Posting Komentar