Slide Ramuan Madura Asli

Memakai Bengkung & Gurita

Posted 02.45 by Admin in Label: ,
Pasca melahirkan, wanita Madura menjalani perawatan total selama 40 hari 40 malam non stop. Gurita dan bengkung dipakai agar perut kembali kencang dan tidak mudah masuk angin. Gurita dipakai tepat dibawah payudara hingga perut bagian bawah, sebelumnya perut diberi baluran param secara merata setelah itu baru gurita ditalikan.

Selanjutnya dilapisi dengan kendit atau bengkung. Bengkung adalah kain selebar 15 cm dengan panjang mencapai 12 meter. Memakainya mulai dari bawah payudara hingga paha. Agar ikatannya kencang dan rapat, ujung bengkung dililitkan lebih dulu ke tiang rumah atau benda apa saja yang dapat dijadikan pengait, setelah itu si wanita berputar hingga bengkung mencapai ujungnya, tujuannya agar pemakaian bengkung benar-benar kencang dan rapat. Pemakaian bengkung ini merupakan rangkaian yang tidak boleh ditinggalkan agar hasilnya maksimal.

Setelah 40 hari, bengkung harus dilepaskan secara bertahap. Jika sebelumnya pemakaiannya sampai dipaha, setelah 40 hari naik sampai ke pangkal pinggang, begitu seterusnya hingga tinggal guritanya saja. Seiring dengan itu, wanita mulai berjalan agak kencang. Maklum sebelumnya cara berjalan mereka sangat pelan, karena ada bengkung kencang sampai dipaha. Wanita baru benar-benar bebas dari bengkung setelah 2 bulan. Sedangkan gurita tetap digunakan hingga si bayi berusia 3 bulan. Hal tersebut itulah yang mengembalikan bentuk tubuh wanita Madura yang rajin mengurus dirinya sehingga dapat langsing seperti semula dengan menggunakan gurita dan bengkung selama 40 hari.

0 comment(s) to... “Memakai Bengkung & Gurita”

0 komentar:

Posting Komentar